Text
Analisis teknik gerak tari Serampang Dua Belas di Diklat Tari Matra Etnika Anjungan Sumatera Utara TMII Jakarta
ABSTRAK
Nisa Gustini, 2017. Analisis Teknik Gerak Tari Serampang Dua Belas di Diklat Tari Matra Etnika Anjungan Sumatera Utara, Skripsi: Jakarta, Program Studi Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikananalisis teknik gerak tari serampang dua belas dengan menggunakan deskripsi elemen-elemen tari serampang dua belas dan teknik gerak tari sehingga mendapatkan teknik gerak tari serampang dua belas yang sesungguhnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara menggambarkan secara sistematis dan mendalam terhadap objek penelitian yaitu analisis teknik gerak tari serampang dua belas. Penelitian dilakukan di Diklat Tari Matra Etnika Anjungan Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan lapangan, studi pustaka, dan studi dokumen. Analisis Teknik Gerak Tari Serampang Dua Belas di Diklat Tari Matra Etnika Anjungan Sumatera Utara menggunakan teknik gerak tari yang didalamnya menganalisis dari tangan, kaki, kepala, dan badan yang didalamnya juga berunsyur kelenturan, keseimbangan, dan kelenturan . Tari Serampang Dua Belas memiliki dua belas ragam yaitu Adapun sikap dan gerak dalam Tari Serampang Dua Belas membahas wajah, badan,langkah, dan lenggang tangan. Tari Serampang Dua Belas memiliki 12 ragam yang masing-masing ragamnya memiliki makna, dikarenakan sesungguhnya Tari Serampang Dua Belas merupakan tarian 3 serangkai yaitu Tari Lenggang Patah Sembilan, Tari Mak Inang dan Tari Serampang Dua Belas sebagai perjalanan sepasang muda mudi. Tari Serampang Dua Belas memiliki dua belas ragam yaitu ragam tari permulaan (pertemua pertama), ragam tari perjalanan (cinta meresap), ragam tari berpusing (memendam cinta), ragam tari gila (menggila), ragam tari jalan bersifat (berbagai syarat tanda cinta), ragam tari lonjak-lonjak (balasan bersyarat), ragam tari sebelah kaki kanan/kiri (menduga), ragam tari langkah tiga melonjak maju/mundur (belum percaya), ragam tari melonjak (jawaban), ragam tari datangmendatang (pinang meminang), ragam tari rupa-rupa/campuran (mengantar pengantin), ragam tari sapu tangan (pertemuan kasih).
Kata Kunci: Analisis, Teknik Gerak, TariSerampang Dua Belas
Bibliografi : lembar 124-125
SS00012597 | SK 12597 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain