Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe melempar bola (snowball thwing) terhadap kemampuan membaca Bahasa Indonesia di kelas II Sekolah Dasar : penelitian eksperimen di SDN Setia Asih 02 Bekasi Utara
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
(Penelitian Eksperimen di SDN Setia Asih 02, Tarumajaya Bekasi)
Eka Nur Sari
(PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNJ)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain Randomized Control Group Pretest – Post test. Populasi yang diambil adalah siswa kelas II Sekolah dasar dengan jumlah 30 orang, yaitu 15 kelas eksperimen di kelas IIA dan 15 anak di kelas kontrol 15 di kelas IIB. Pengambilan sampel menggunakan teknik random cluster sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pengamatan pada saat kegiatan dengan pemberian perlakuan berupa kegiatan membaca melalui motodel pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan metode pembelajaran konvensional sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test). Hasil pengujian post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol dengan menggunakan uji-t bahwa diketahi hasil dari t hitung 4,41 dan t tabel 1,7. Hal ini menunjukan bahwa berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Oleh karena itu, peran guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam memberikan model pembelajaran yang menyenangkan akan membuat anak lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan membaca.
Kata kunci :Snowball throwing, kemampuan membaca siswa kelas II sekolah Dasar
Bibliografi : lembar 104-106
SS00012602 | SK 12802 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain