Text
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar ranah afektif, kognitif dan psikomotorik materi elastisitas zat padat
ABSTRAK
Nisa Ulfariani. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik Materi Elastisitas Zat Padat. Jakarta: Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik materi Elastisitas Zat Padat. Instrumen ini digunakan oleh guru untuk menilai hasil belajar siswa pada ranah Afektif, kognitif, dan psikomotorik khusus materi Elastisitas Zat Padat. Penelitian ini menerapkan metode penelitian pengembangan yang dirumuskan oleh Borg and Gall. Terdapat 10 tahap yang digunakan pada model ini yaitu; (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan , (3) pengembangan bentuk produk pendahuluan, (4) uji coba pendahuluan, (5) revisi terhadap produk utama, (6) uji coba utama, (7) revisi produk operasional, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, (10) disseminasi dan distribusi. Instrumen penilaian ini dilengkapi dengan kisi-kisi, petunjuk penggunaan, lembar observasi, dan pedoman penskoran. Hasil uji kelayakan oleh ahli instrumen adalah 89% untuk ranah afektif, 92,5% ranah kognitif, dan 92% ranah psikomotorik dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil uji kelayakan oleh guru adalah 88,67% untuk ranah afektif, 83,47% untuk ranah ranah kognitif dan 85,14% ranah psikomotorik dengan interpretasi “sangat baik”. Berdasarkan validasi ahli dan uji kelayakan guru dapat disimpulkan instrumen penilaian hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik materi Elastisitas Zat Padat ini layak digunakan dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci: instrumen penilaian, afektif, kognitif, psikomotorik
Bibliografi : lembar 124-127
TM00002284 | TM 2284 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain