Text
Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Rawamangun 01 pagi Jakarta Timur : studi eksperimen di SDN Rawamangun 01 pagi Jakarta Timur
PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASI BELAJAR IPS SISWA
KELAS V SDN RAWAMANGUN 01 JAKARTA TIMUR
ABSTRAK
RAHMAWATI HADIJAH
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empiris hasil belajar
siswa kelas V dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri dan
pendekatan konvensiona. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun
01 Pagi Jakarta Timur, khususnya di kelas V, penelitian ini menggunakan
instrumen PG sebanyak 20 soal. Instrumen tersebut dihitung menggunakan
uji normalitas data, menggunakan uji lilifers menunjukan bahwa data tersebut
bertaraf normal. Kemudia dilakukan uji homogenitas agar mengetahui apakah
kedua kelas tersebut brsifat homogen. Setelah itu dianalisis menggunakan
uji-t. Hasil perhitungan menunjukan bahwa thitung = 8,18 sedangkan ttabel = 1,67
pada taraf signifikan α = 0,05 artinya hipotesis nol H0 ditolak, hipotesis
penelitian H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar IPS menggunakan metode inkuiri terhadap
siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur.
Kata Kunci : Metode Inkuiri, Hasil Belajar IPS Bibliografi : lembar75-77
SS00012605 | SK 12605 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain