Text
Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemamapuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri Kota Bekasi
ABSTRAK
OVINDA FITRI : “PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELFCONFIDENCE DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI KOTA BEKASI”.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran berbasis maslah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan selfconfidence pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Kota Bekasi pada tahun ajaran 2016/2017. Disain penelitian ini adalah pretes postes eksperimen and kontrol grup desain. Hasil peneliatian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mendapat perlakuan metode pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM); (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa KAM tinggi; (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan self-confidence siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mendapat perlakuan metode pembelajaran konvensional; (5) terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan KAM; dan (6) terdapat peningkatan self-confidence pada siswa KAM tinggi.
Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, self-confidence, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan awal matematika.
Bibliografi : lembar 157-160
TM00002285 | TM 2285 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain