Text
Meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas IV SDN Menteng atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi, Jakarta Selatan 2017
T.Zawil Ulya
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Siswa Kelas IV di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini diadakan di SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 1 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada siklus I adalah 71,25%, dan siklus II 90%. Adapun skor persentase kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I adalah 70,37% dan siklus II 92,59%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran CLIS pada pembelajaran IPA. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CLIS, Kecerdasan Interpersonal Bibliografi : lembar 93-95
SS00012606 | SK 12606 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain