Text
Pengembangan modul berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk fisika SMA : sesuai dengan kurikulum 2013
RINGKASAN
Dari hasil angket kebutuhan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fisika yang menyatakan penggunaan modul hanya 8,7%. Selain itu, asal bahan ajar yang digunakan sebagian besar masih membeli dari penerbit (29,4%), unduh via internet (23,5%), ditulis sendiri (17,6%), selebihnya droping dari departemen dan Tim Penulis MGMP Fisika SMA (14,7%). Meskipun guru-guru di lapangan telah dibekali dengan mengikuti workshop tentang implementasi kurikulum 2013, tetapi 94,1% menyatakan bahwa bahan ajar yang ada sekarang belum memenuhi kebutuhan pembelajaran Fisika. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2016/2017 di jurusan fisika FMIPA UNJ dan di implementasikan di SMAN 8 Kota Bekasi kelas XI semester 1. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa validasi ahli yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli pembelajaran dan validasi terhadap guru professional dengan pengolahan data menggunakan skala likert. Modul ini juga di implementasikan ke siswa dengan di laksanakan post test dan pre test serta mengisi kuisioner. Hasil dari validasi beberapa ahli dan guru profesional menunjukkan semua aspek penilaian berada dalam rentangan 81%-100% yang mempunyai penilaian sangat baik. Hasil dari pre test dan post test siswa menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan setelah menggunakan modul gravitasi berbasis CTL. Melalui modul ini siswa dapat belajar lebih aktif dan mandiri. Modul ini juga dapat bermanfaat sebagai bahan ajar fisika SMA. Sehingga dapat membantu guru sebagai bahan ajar dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas Bibliografi : lembar 63-64
TM00002292 | TM 2292 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain