Text
Pengaruh model pembelajaran (problem based learning dan project based learning) dan model mental peserta didik terhadap hasil belajar ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING) DAN MODEL MENTALTERHADAP HASIL BELAJARIKATAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI
DUSRIA AFRINDAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran dan model mental terhadap hasil belajar Kimia, khususnya pada pokok bahasan ikatan kimia. Model pembelajaran yang dibandingkan yaitu pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang diterapkan di kelas X Mia 1 dan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang digunakan di kelas X Mia 3 sedangkan model mental dikelompokkan menjadi dua yaitu model mental tinggi dan model mental rendah. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Treatment by Level 2 x 2. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 40 peserta didik dengan perincian 20 peserta didik dari kelas X Mia 1 dan 20 peserta didik dari kelas X Mia 3, yang ditentukan menggunakan teknik purposive multistage random sampling. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik anava dua jalur 2 x 2. Analisis lebih lanjut dilakukan dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan PBL dan PjBL pada pokok bahasan ikatan kimia. Peserta didik yang menggunakan PBL memiliki hasil belajar lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan PjBL, (2) terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan model mental terhadap hasil belajar Kimia, (3) Peserta didik yang memiliki model mental tinggi meraih hasil belajar yang lebih tinggi ketika menggunakan PBL daripada PjBL, (4) tidak terdapat perbedaan signifikan antara peserta didik yang memiliki model mental rendah ketika belajar dengan PBL maupun PjBL, meskipun skor ratarata hasil belajar peserta didik yang menggunakan PjBL lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan PBL.
Kata kunci:modelpembelajaran, PBL, PjBL, hasil belajar Kimia Bibliografi : lembar 120-123
TM00002291 | TM 2291 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain