Text
Meningkatkan kreativitas gerak siswa dalam pembelajaran seni tari dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Times Games Tournamen (TGT) di SMPN 1 Parakansalak Kabupaten Sukabumi
ABSTRAK
Arty Novionandari R.2017. “Meningkatkan Kreativitas gerak Siswa Dalam
Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe TGT Di SMPN 1 pArakansalak Kabupaten Sukabumi”.Skripsi, Sendratasik,
Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas gerak tari pada
pembelajaran seni tari bagi siswa\i kelas VIII SMPN 1 Parakansalak Kabupaten
Sukabumi melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan September sampai November di SMPN 1 Parakansalak Kabupaten
Sukabumi dan dilakukan dengan model siklus Kutr Lewin. Hasil penelitian
menunjukan proses pembelajaran tari dengan menggunakan model pembelajaran
tipe TGT pada pretest memperoleh skor rata-rata kelas 53, pada siklus I
memperoleh skor rata-rata kelas 64, dan siklus II memperoleh skor rata-rata 82.
Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan salah satu
cara yang dapat meningkatkan kreativitas gerak tari siswa dalam pembelajaran
seni tari dengan langkah pembelajaran seperti penyajian kelas, belajar dalam
kelompok, permainan, pertandingan, dan pemberian penghargaan. Hal tersebut
dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pencapaian pada setiap siklus.
Rekomendasi penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan kreativitas gerak yang dimiliki oleh siswa dalam kegiatan belajar
merangkai gerak tari .
Kata kunci : kreativitas gerak, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, Seni Tari. Bibliografi : lembar 54
SS00012611 | SK 12611 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain