Text
Enviromental issues and thinking level's in reading comprehension questions in English textbooks
ABSTRAK
Istia Puji Rahayu. 2017. Isu-Isu Lingkungan Hidup dan Tingkatan Berpikir pada Pertanyaan Pemahaman Bacaan dalam Buku Paket. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu-isu lingkungan hidup yang terdapat pada buku paket Bahasa Inggris SMA. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkatan berpikir yang terdapat pada pertanyaan pemahaman membaca yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup berdasarkan taxonomy Barrett. Metode penelitian ini adalah analisis isi. Penelitian ini menganalisis lima buku paket Bahasa Inggris SMA Kurikulum 2013 dari semester 1 dan 2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa isu-isu lingkungan hidup dicantumkan dalam buku-buku paket, yaitu pengelolaan sampah, konservasi alam, perubahan iklim, pemanasan global, konservasi satwa liar, dan keseimbangan lingkungan dan sosial. Pertanyaan pemahaman membaca yang berkaitan dengan isu lingkungan di buku paket untuk SMA mencakup semua tingkatan pemahaman membaca dalam sudut pandang taxonomy, yaitu Literal comprehension, Reorganization, Inferential comprehension, Evaluation, and Appreciation.
Kata kunci: isu-isu lingkungan hidup, pertanyaan pemahaman membaca, buku teks, taksonomi Barret Bibliografi : lembar 43-44
SS00012616 | SK 12616 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain