Text
Critical thinking skills in lesson plans designed by pre-service teachers
ABSTRAK
Lelyana Syarif. 2017. Keterampilan Berpikir Kritis dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran yang dirancang oleh Guru Pembelajar. Skripsi. Jakarta: Jurusan
Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Studi ini bertujuan untuk meneliti keterampilan berpikir kritis dalam rencana
pelaksanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru pembelajar Pendidikan Bahasa
Inggris di UNJ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis isi
sebagai metode penelitian. Teori dari Brown (2001) dan Anderson dan Krathwohl
(2001) diadaptasi untuk menganalisis data. Hasil yang didapat menunjukan bahwa
ada empat tingkat keterampilan berpikir yang muncul dalam RPP yang dirancang
oleh guru pembelajar. Yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, dan membuat
dengan presentasi masing-masing 44%, 6%, 39% dan 11%. Dapat dinyatakan
bawah RPP didominasi oleh berpikir tingkat rendah. Selain itu, dapat dilihat
rencana pelaksaan pembelajaran yang dirancang oleh guru pembelajar tidak
mencakup semua kategori dalam keterampilan berpikir kritis berdasarkan Revisi
Taksonomi Bloom, tidak ada level menganalisis dan mengevaluasi. Hasil penelitian
selanjutnya menunjukan bahwa hubungan dari semua komponen di RPP yang
dirancang oleh guru pembelajar terkait satu sama lain, pernyataan dalam tujuan
pembelajaran dirumuskan pada kegiatan belajar dan penilaian yang dilakukan untuk
menilai pencapaian siswa menggunakan beberapa jenis rubrik penilaian yang
didasari pada tujuan pembelajaran.
Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Tingkat Berpikir Kritis, Revisi
Taksonomi Bloom, Guru Pembelajar Bibliografi : lembar 40-42
SS00012617 | SK 12617 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain