Text
Fungsi dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli
ABSTRAK
Rolas Barasa, 2017. Fungsi dan Teknik Permainan Cuk pada Musik Keroncong
Asli. Program Studi Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan musikologi. Metode ini digunakan untuk memberikan menjelasan dalam bentuk teks dan penotasian tentang fungsi dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli. Tempat penelitian dilakukan di kediaman Rudy Widodo di Depok, Jawa Barat. Waktu penelitian dimulai sejak bulan Oktober 2016 sampai Desember 2016.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa fungsi cuk pada musik keroncong asli adalah sebagai pembentuk akord dan irama yang paling utama pada musik keroncong asli. Dan teknik permainan cuk pada musik keroncong asli menggunakan teknik strumming, down stroke up stroke, rasgueado, dan ghost note. Terdapat dua gaya permainan cuk pada musik keroncong asli, yaitu gaya “jakartaan” dan gaya “soloan”. Gaya jakartaan adalah gaya permainan dengan lebih banyak memainkan teknik strumming dan rasgueado, gaya soloan adalah gaya permainan dengan karakter permainan arpeggio.
Implikasi dari penelitian ini peneliti berharap hasil penelitian mengenai fungsi dan teknik permainan cuk pada keroncong asli didalam skripsi ini diketahui oleh mereka yang ingin mempelajari atau mendalami instrumen cuk pada musik keroncong. Bahkan peneliti sangat menyarankan apabila musik keroncong dijadikan salah satu mata kuliah prodi sendratasik Universitas Negeri Jakarta. Bibliografi : lembar 64
SS00012618 | SK 12618 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain