Text
Peningkatan keterampilan menolong diri sendiri melalui kegiatan bermain peran di area rumah tangga : penelitian tindakan di TK A SOS Desa Taruna Jakarta tahun 2016/2017
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENOLONG DIRI SENDIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KAGIATAN BERMAIN PERAN DI AREA RUMAH TANGGA Penelitian Tindakan di TK A SOS Villages Indonesia Tahun 2016
NURUL FIKRIAH nurulfikriah15@gmail.com PAUD PPS Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran dalam meningkatkan kemandirian menolong diri sendiri Anak Usia Dini (AUD). Penelitian dilaksanakan kepada 10 anak- anak TK kelompok A di TK SOS Children Villages pada tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mengacu kepada Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 16x pertemuan, yang terbagi dalam 2 siklus, masing-masing siklus sebanyak 8x pertemuan dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan utama yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara dengan Teknis analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menolong diri sendiri anak meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan metode bermain peran, skor keterampilan menolong diri sendiri pada tahap pra intervensi tercatat 43,63%, skor tersebut mengalami peningkatan menjadi 66,25% pada akhir siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 82,5% pada siklus ke-2. Hasil penelitian ini memberi Implikasi bawa kegiatan bermain peran merupakan alternatif dan dapat dijadikan satu metode yang baik untuk digunakan guru dalam meningkatkan keteramapilan menolong diri sendiri anak- anak usia dini.
Kata Kunci: keterampilan menolong diri sendiri, bermain peran di area rumah tangga
Bibliografi : lembar 218-220
TM00002298 | TM 2298 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain