Text
Estimasi kecepatan sudut berbasis vidio tracker pada gerak hubungan roda-roda untuk meningkatkan hasil belajar siswa
ESTIMASI KECEPATAN SUDUT BERBASIS VIDEO TRACKER PADA GERAK HUBUNGAN RODA-RODA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
YOGI GINANJAR
ABSTRAK
Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran gerak hubungan roda-roda untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium pengembangan media pembelajaran fisika Universitas Negeri Jakarta dan ujicoba dilaksanakan di kelas X MIA 2 SMAN 3 Karawang tahun ajaran 2016/2017. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan dengan mengacu pada model Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi untuk menguji kelayakan produk dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan prosentase rata-rata penilaian sebesar 90,97 % (sangat baik), ahli media sebesar 81,94 % (sangat baik), dan guru fisika sebesar 86,63 % (sangat baik). Sedangkan efektifitas peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil perhitungan uji gain ternormalisasi (N-gain) diperoleh nilai koefisien sebesar 0,6 dengan interpretasi sedang. Hal ini berarti bahwa media pembelajaran gerak hubungan roda-roda yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Media pembelajaran, hubungan roda-roda, hasil belajar Bibliografi : lembar 113-115
TM00002353 | TM 2353 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain