Text
Pengaruh metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa di SMP Tanggerang Selatan
PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DISERTAI CORRECTIVE FEEDBACK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI SMP TANGERANG SELATAN Devi Bata
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian yang dilakukan oleh Rahman (2014) di salah satu SMP Banten. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik rendah. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik belum memahami bagaimana mengkoneksikan topik dengan topik di dalam matematika serta kejadian di dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy dalam belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP St. John’s BSD dan SMP Stella Maris BSD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback secara langsung lebih tinggi daripada secara tidak langsung; (2) terdapat interaksi antara metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback dengan gender terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik; (3) kemampuan koneksi matematis peserta didik perempuan yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback secara langsung lebih tinggi daripada corrective feedback secara tidak langsung; (4) kemampuan koneksi matematis peserta didik laki-laki yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback secara langsung lebih tinggi daripada corrective feedback secara tidak langsung; (5) self-efficacy peserta didik yang diajar menggunakan metode penemuan terbimbing disertai corrective feedback secara langsung lebih tinggi daripada corrective feedback secara tidak langsung.
Kata kunci: Penemuan Terbimbing, Corrective Feedback, Koneksi Matematis, Self-Efficacy
Bibliografi : lembar 139-149
TM00002354 | TM 2354 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain