Text
Pengembangan modul berbasis problem based learning pada materi integral
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INTEGRAL
Taufik Dibyapradipta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa modul berbasis problem based learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan pembelajaran matematika di sekolah boarding school yang menuntut siswa -siswinya mampu belajar mandiri. Buku yang tersedia belum mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran mandiri di sekolah. Hasil analisis angket kebutuhan siswa dan guru mengenai pembelajaran matematika berbasis scientific learning yang dicanangkan pemerintah menunjukkan bahwa bahan ajar yang tersedia belum sesuai dengan pembelajaran scientific learning. Karakteristik usia remaja yang penuh dengan rasa ingin tahu menjadikan problem based learning sebagai pembelajaran yang tepat digunakan untuk siswa SMA. Untuk itu, diperlukan sebuah pengembangan bahan ajar modul berbasis problem based learning yang mampu memenuhi kebutuhan belajar khususnya di sekolah boarding school. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan teori Borg and Gall yang menggunakan 10 langkah pengembangan. Dalam prosesnya pengembangan modul divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan guru matematika profesional. Di akhir penelitian, peneliti menguji modul yang dikembangkan dengan membandingkan hasil belajar dari dua kelas yang berbeda. Satu kelas menggunakan modul pembelajaran berbasis problem based learning, dan satu kelas lagi tanpa menggunakan modul. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinilai sangat baik. Selanjutnya, hasil uji akhir kepada 2 kelas penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Matematika, Problem Based Learning, Integral
Bibliografi : lembar 94-96
TM00002355 | TM 2355 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain