Text
Pengembangan alat peraga viskositas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VISKOSITAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pengembangan alat peraga viskositas dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan mengacu kepada model ASSURE. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan bahwa alat peraga viskositas yang dikembangkan memiliki kebenaran atau ketepatan yang tinggi, dengan skor rata-rata 92,7%. Ahli media menilai 81,8% terhadap media yang dikembangkan, berarti alat peraga viskositas layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini dinilai dan bermanfaat oleh guru dengan apresiasi 94,1%. Dan hasil uji coba penggunaan alat peraga yang sudah dikembangkan menunjukkan bahwa siswa senang dan merasa mudah dalam memahami materi pelajaran. Hasil belajar kelompok siswa yang diajar menggunakan alat peraga yang dikembangkan lebih baik dibandingkan kelompok yang diajar dengan alat peraga sebelum dikembangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas yang sudah dikembangkan layak dan efektif dalam pembelajaran fisika SMA.
Kata Kunci: Alat Peraga, Keterampilan Proses, Viskositas Bibliografi : lembar 111-113
TM00002358 | TM 2358 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain