Text
Meningkatkan kreativitas menggambar ekspresi bebas pada siswa kelas II di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur
Meningkatkan Kreativitas Menggambar Ekspresi dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Metode Ekpresi Bebas pada Siswa Kelas II Di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur (2017) Musnaini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar ekspresi dalam pembelajaran seni rupa melalui metode ekpresi bebas pada siswa kelas II Di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Siswa Sekolah Dasar kelas II yang dimaksud dalam penelitian ini adalah siswa yang berada pada rentang usia 7–8 tahun sebanyak 33. Penelitian ini menggunakan peneliian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif berupa deskriptif. Dari analisis data, kreativitas menggambar ekspresi pada siklus I menunjukkan presentae sebesar 69,69%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, karena target yang ditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut sampai siklus II dengan hasil 90,9%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah meningkat sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan kreativitas menggambar ekpresi dapat meningkat melalui metode ekspresi.
Kata kunci : kreativitas, metode ekspresi bebas Bibliografi : lembar 90-92
SS00012650 | SK 12650 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain