Text
Hubungan antara kemampuan faktual dan pemahaman konseptual dengan analisis prosedural kimia siswa kelas XII IPA di SMA Negeri Rayon 8 Jakarta Barat 1
ABSTRAK Indrasti. Hubungan antara Kemampuan Faktual dan Pemahaman Konseptual dengan Analisis Prosedural Kimia Siswa Kelas XII IPA di SMA Negeri Rayon 8 Jakarta Barat 1. Tesis. Jakarta: Program Magister Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan faktual dan pemahaman konseptual dengan analisis prosedural kimia siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Penelitian ini menggunakan sampel siswa SMA Negeri di rayon 8 Jakarta Barat 1, kelas XII IPA tahun pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 144 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat hubungan antara kemampuan faktual dengan analisis prosedural kimia sebesar 52,1 % dengan koefisien korelasi (ρ) sebesar 0,722, (b) terdapat hubungan antara pemahaman konseptual dengan analisis prosedural kimia sebesar 6,150% dengan koefisien korelasi (ρ) sebesar 0,248, (c) terdapat hubungan secara bersama-sama antara kemampuan faktual dan pemahaman konseptual dengan analisis prosedural kimia sebesar 53,58 % dengan koefisien korelasi multiple (ρy12) sebesar 0,732 Dengan demikian untuk meningkatkan kemampuan analisis prosedural kimia dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan faktual dan pemahaman konseptual siswa.
Kata Kunci : Kemampuan faktual, Pemahaman konseptual, dan Analisis Prosedural
Bibliografi : lembar 90-92
TM00002360 | TM 2360 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain