Text
Analisis kualitas pelayanan di Terminal Induk Bekasi berdasarkan perspektif pengguna jasa terminal
ABSTRAK
Dhimas Noegraha. Analisis Kualitas Pelayanan Di Terminal Induk Bekasi Berdasarkan Perspektif Pengguna Jasa Terminal. Skripsi. Jakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat pengguna jasa dalam menilai kualitas pelayanan di terminal yang diberikan oleh Terminal Induk Bekasi. Data yang digunakan berasal dari data primer yaitu dengan survei langsung dan pengisian kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari dokumen melalui instansi terkait. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa kuesioner berjumlah 28 butir soal. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui uji validitas, uji realibilitas, dan uji faktor analisis Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai indeks kepuasan rata-rata terhadap 7 (Tujuh) faktor pelayanan sebesar 64,63 persen masuk kriteria baik untuk Persepsi pengguna jasa (penumpang angkutan) Terminal Induk Bekasi.Berdasarkan hasil pengujian analisis faktor menunjukkan ada tiga faktor dimensi yang berpengaruh, yaitu dimensi Flexibility dilihat dari variabel keluwesan jadwal/waktu pemberangkatan angkutan dan petugas kebersihaan, Qualification dilihat dari variabel loket penjualan tiket serta layanan informasi tarif dan Accessibility dilihat dari variabel parkiran untuk pengantar/penjemput penumpang dimana variabel - variabel ini mempunyai hubungan kolerasi yang tinggi dengan variabel lainnya sedangkan hasil pengamatan membuktikan bahwa Terminal Induk Bekasi dari hasil penilaian fasilitas terminal, secara keseluruhan fasilitas terminal masuk dalam kategori cukup dengan nilai sebesar 44,4%.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pengguna Jasa
Bibliografi : lembar 96-99
SS00012543 | SK 12543 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain