Text
Pengaruh ritual keluarga terhadap prestasi belajar : studi kasus pada orang tua dan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Tugu 10 Cimanggis Depok
ABSTRAK
Intank Fanita Lora. Pengaruh Ritual Keluarga terhadap Prestasi Belajar. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Dosen Pembimbing: Dra. Metty Muhariati, M.M dan Cholilawati, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ritual keluarga terhadap prestasi belajar di SDN Tugu 10 Cimanggis Depok.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan expost facto. Populasi pada penelitian ini adalah orang tua siswa kelas 4 dan 6 SD berjumlah 154 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Pearson Product Moment. Data penelitian berdistribusi normal dan linier. Penghitungan koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung sebesar 0.442. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi (uji t) adalah thitung 5.14 > ttabel = 1.658, hal ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh ritual keluarga yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Besarnya koefisien determinasi adalah 19,5% yaitu bahwa ritual keluarga berpengaruh 19.5% terhadap prestasi belajar, sedangkan 80.5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Ritual Keluarga, Prestasi Belajar.
Bibliografi : lembar 93-95
SS00012544 | SK 12544 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain