Text
Self-control membeli produk fashion pada remaja
ABSTRAK
Intan Nur Indah Sari. Self-control Membeli Produk Fashion pada Remaja. Skripsi. Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Dosen Pembimbing: Dra. Melly Prabawati, M.Pd dan Dra. Harsuyanti RL. M. HUM.
Mahasiswa termasuk dalam usia remaja akhir yang pada usianya mempresentasikan diri lewat penampilan dengan harapan diterima dikelompok sebayanya. Keadaan tersebut membuat kemampuan self-control menjadi rendah, sehingga mereka cenderung membeli produk fashion berdasarkan emosi. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tingkat self-control membeli produk fashion pada remaja.
Penelitian ini dilakukan di Central Park Mall yang dilaksanakan dari bulan November 2016 sampai Januari 2017. Responden dalam penelitian ini yaitu remaja putri yang mengunjungi Central Park Mall dengan rentang usia 18 sampai 22 tahun dan berstatus sebagai mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan menyebarkan angket. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Incidental Sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Angket yang disebarkan kepada responden telah diuji validitas dengan menggunakan uji validitas konstruk dan diuji reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach yang perhitungannya menggunakan program SPPS. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,948 dapat disimpulkan bahwa reliabilitas baik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa sebanyak 52% remaja memiliki self-control tinggi. Diantara ketiga aspek yang diukur yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol keputusan dengan jumlah presentase dari masing-masing indikator yaitu kontrol perilaku sebanyak 86,6%, kontrol kognitif sebanyak 76,3% dan kontrol keputusan sebanyak 95,7%. Artinya remaja mampu mengontrol dirinya sendiri, mempertimbangkan dan menilai serta menentukan produk fashion yang akan dibeli sesuai dengan diyakininya.
Kata Kunci: self-control, perilaku konsumtif, produk fashion, remaja Bibliografi : lembar 74-77
SS00012546 | SK 12546 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain