Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 8 Tidore Kepulauan
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 8 TIDORE KEPULAUAN
(2017)
SOFYAN BARAKATI
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 8 Tidore Kepulauan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk kreativitas dan tes hasil belajar sejarah. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar sejarah pada siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas, (3) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri dengan kreativitas tinggi lebih tinggi dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kreativitas tinggi, (4) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran kreativitas dengan kreativitas rendah hasilnya lebih rendah dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kemampuan kreativitas rendah.
Kata Kunci: hasil belajar sejarah, metode pembelajaran, kreativitas
Bibliografi : lembar 96-99
TM00002340 | TM 2340 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain