Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sanitasi hygiene di SMK Negeri 24 Jakarta
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DI SMK NEGERI 24 JAKARTA
IBNU WIDANTO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 24 Jakarta.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental yang akan diberikan pre-test dan post-test. Jumlah keseluruhan responden pada penelitian ini adalah 60 siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas. Data diperoleh dengan cara memberikan instrumen dalam bentuk 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya tentang materi sanitasi hygiene dan keracunan makanan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Project Based Learning pada materi pengertian sanitasi hygiene dan keracunan makanan memiliki rata-rata peningkatan 7,67 sedangkan kelas yang diberi penerapan secara pembalajran langsung memiliki rata-rata peningkatan 4,67. Hasil uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney jika z > ztabel maka H1 diterima. z = 2,12 > ztabel = z ( = 0,05 = 5%) = 1,96 (Lampiran 13). Hal ini berarti bahwa H1 diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh penerapan Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sanitasi hygiene di SMK Negeri 24 Jakarta.Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning pada mata pelajaran Sanitasi Hygiene khususnya materi pokok pengertian sanitasi hygiene dan keracunan makanan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan penerapan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Penerapan, Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sanitasi Hygiene.
Bibliografi : lembar 85-87
SS00012549 | SK12549 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain