Text
Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran alat bantu : study action research pada siswa kelas XI SMK Kiansantang Bandung
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT BANTU (Pada Siswa kelas XI Smk Kiansantang Bandung)
HERU SULISTIADINATA ABSTRAK
Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bola voli siswa kelas XI SMK Kiansantang Bandung, dengan jumlah 35 siswa. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dalam pembelajaran passing atas ini menggunakan media pembelajaran alat bantu berupa alat yang dimodifikasi; bola futsal dan cones, bola plastik, bola karet, dan media tong sampah, bola tenis, untuk mecapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa hasil belajar; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan media pembelajaran alat bantu pada siklus I diperoleh hasil 64,86%,. dengan jumlah 24 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 35,14% dari 11 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan nilai rata-rata mencapai 64. Pada siklus II diperoleh hasil 91,43% dengan jumlah 32 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 8,57% dari 3 siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan nilai rata-rata mencapai 79 .Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bola voli siswa kelas XI SMK Kiansantang Bandung.
Kata kunci: Penelitian Tindakan,Media Pembelajaran Alat Bantu, Passing atas.
Bibliografi : lembar 116-117
TM00002346 | TM 2346 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain