Text
Studi kasus penyelenggaraan program pendidikan kecakapan kerja dan pendidikan kecakapan wirausaha pada rumpun teknik di DKI Jakarta tahun 2016
STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA DAN PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA PADA RUMPUN TEKNIK DI DKI JAKARTA TAHUN 2016
(2016) AJIE SANGHAJI
ABSTRAK
Penelitian ini mengangkat kasus program pemerintah yang bernama Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang sudah berlangsung selama kurang lebih 5 tahun. Selama itu pemerintah kurang mendapatkan gambaran dan data empiris terkait penyelenggaraan program di lapangan. Penelian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara kualitatif penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Kerja di LKP Auto Mitsuda dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha di LKP Indragiri tahun 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus sukses yang mengacu pada teori Success Case Method dari Brinkerhoff. Subjek dalam penelitian ini adalah aktor yang terlibat dalam program PKK dan PKW meliputi pengelola, Instruktur dan peserta didik program. Prosedur perekaman data meliputi Wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah penyelenggaraan program PKK di LKP Auto Mitsuda sudah sesuai dan dapat dikatakan berhasil, sedangkan PKW di LKP Indragiri sangat tidak sesuai dengan indikator keberhasilan, dan ditemukan banyak temuan. Temuan ini yang nantinya menjadi saran bagi Dinas, Pengelola, instruktur ataupun peserta didik.
Kata Kunci: PLS, Kursus, Pendidikan Kecakapan Kerja, Pendidikan Kecakapan Wirausaha, Andragogi
Bibliografi : lembar 207-208
SS00012664 | SK 12664 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain