Text
Penerapan pendekatan pembelajaran saintifik tema pahlawanku di kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK
TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV SDN PONDOK KOPI 04 PAGI
(2017)
NURUL ARIFAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran saintifik di dalam proses pembelajaran tema Pahlawanku di kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengambil latar SDN Pondok Kopi 04 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa SDN Pondok Kopi 04 Pagi telah menerapkan langkah-langkah pendekatan pembelajaran saintifik dengan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran tematik. Penggambaran tersebut, didapatkan melalui serangkaian penelitian yang diantaranya terdiri dari sub variabel perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru telah merancang pembelajaran dengan menjabarkan langkah pendekatan pembelajaran saintifik (2) guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasi. Di antara kelima langkah tersebut siswa masih terkendala pada langkah menanya (3) penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun, tidak tersedianya instrumen penilaian sikap membuat penilaian autentik menjadi tidak akurat.
Kata Kunci: pendekatan pembelajaran saintifik, pembelajaran tematik, penilaian autentik Bibliografi : lembar 118-120
SS00012666 | SK 12666 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain