Text
Pengembangan modul matematika berbasis Pakem pada materi bilangan pecahan di Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR (2017)
Nahla Nur Afidah
ABSTRAK
Penelitian pengembangan model ini bertujuan menghasilkan modul matematika dengan basis Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada materi bilangan pecahan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Ada 9 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Responden dalam pengembangan in diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, guru kelas III SD sebanyak 2 orang dan siswa kelas III SDN Bintara VII sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis PAKEM pada materi bilangan pecahan di kelas III SD dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut ahli sebesar 91%, angket sebesar 90% dan peningkatan hasil dari nilai tes sebesar 30%. Modul ini menarik bagi siswa dan dapat menjadi sumber belajar alternatif yang digunakan siswa untuk mempelajari materi bilangan pecahan.
Kata Kunci: Modul Matematika, PAKEM, Penelitian dan Pengembangan Bibliografi : lembar 91-93
SS00012670 | SK 12670 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain