Text
Upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melaui kegiatan bermain balok : penelitian tindakan kelas di RA Uswatun Hasanah, Jatinegara Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK
(Penelitian Tindakan Kelas di RA Uswatun Hasanah, Jatinegara, Jakarta Timur)
(2016)
Nur Mahfuzoh
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bermain balok. Penelitian ini dilaksanakan di PRA Uswatun Hasanah Jakarta Timur pada bulan Oktober 2014 hingga Maret 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan yaitu melalui teknik observasi yaitu berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis persentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kesepakatan peneliti dan kolabolator adalah dengan menggunakan peningkatan 34,1% dan persentase kenaikan diakhir siklus mencapai 80,3%. Berdasarkan peningkatan persentase dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan berbicara, Kemampuan berbicara, Anak Usia 4-5 Tahun
SS00012711 | SK 12711 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain