Text
Mentoring Islam sebagai kegiatanpembinaan karakter Islami siswa Sekolah Dasar : studi kualitatif siswa kelas tinggi di SDIT Darul Abidin
Mentoring Islam sebagai Kegiatan Pembinaan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Siswa Kelas Tinggi di SDIT Darul Abidin Depok) (2017)
Noorlia Syahda
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan mentoring di SDIT Darul Abidin yang meliputi pelaksanaan program mentoring, penamanan nilai-nilai keislaman melalui mentoring, peran mentoring dalam membina akhlak islami siswa, peran mentoring dalam mengontrol ibadah siswa, dan mentoring sebagai upaya menjalin kedekatan guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) pelaksanaan mentoring telah baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) penanaman nilai-nilai keislaman melalui mentoring dilakukan di setiap sesi mulai dari pembukaan hingga penutup, (3) peran mentoring dalam membina akhlak islami siswa dengan penguatan, teguran serta adanya reward and punsihment, (4) mentoring berperan dalam mengontrol ibadah siswa melalui lembar mutaba’ah mentoring, (5) mentoring menjalin kedekatan guru dan siswa melalui sesi curhat dan pendekatan dengan jumlah siswa yang sedikit. Hasil ini menunjukkan bahwa banyak aspek yang ada di mentoring berguna dalam membina siswa. Oleh sebab itu, perlunya peningkatan kualitas program mentoring agar semakin baik lagi.
Kata Kunci : Mentoring, Pembinaan, Karakter Islami
Bibliografi : Lembar 107
SS00012712 | SK 12712 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain