Text
Pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap penalaran induktif matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Beji Depok ,Jawa Barat
PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENALARAN INDUKTIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN BEJI DEPOK JAWA BARAT (2017)
Khairunnisa Nurdiah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap penalaran induktif matematika siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Beji 08 Depok sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan mengalami kenaikan sebesar 48% dalam penalaran induktif matematika. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan penalaran induktif siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: metode penemuan terbimbing, penalaran induktif matematika siswa kelas V SD.
Bibliografi : lembar 84-86
SS00012713 | SK 12713 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain