Text
Pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Beji Depok
PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BEJI DEPOK (2017)
Renny Puspita Dewi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Beji 08 Pagi Kecamatan Beji Kota Depok. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa kelas V SDN Beji 08 Kecamatan Beji Kota Depok. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal dan dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t maka diperoleh thitung sebesar 16,592 dan dk =72 sedangkan ttabel sebesar 1,666 pada taraf signifikan = 0,05 dan dk = 72 adalah sebesar 1,666. Sesuai dengan hasil perhitungan tersebut, diketahui bahwa harga thitung lebih besar daripada harga ttabel ( 16,592>1,666, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD.
Kata kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD.
Bibliografi : lembar 82
SS00012715 | SK 12715 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain