Text
Pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN di Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur : studi eksperimen di SDN Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI KELURAHAN RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR
ABSTRAK
KARUNIA WANDIRA
Penelitian ini berupa penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris apakah ada pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di wilayah kelurahan Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 01 di jalan Taman Jelita Utara No.5 Rawamangun Jakarta Timur khususnya di kelas V semester I Tahun Pelajaran 2016-2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Dalam penelitian ini tes yang digunakan hanya tes obyektif yang berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Instrumen tersebut kemudian dihitung uji normalitas data menggunakan uji liliefors menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas bersifat homogen. Setelah itu dianalisis dengan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3,03 sedangkan harga t tabel pada taraf signifikan = 0,05 adalah sebesar 2,03. Artinya hipotesa nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Rawamangun 01.
Kata Kunci : Metode Problem Solving, Hasil Belajar IPS
Bibliografi : lembar 73-75
SS00012716 | SK 12716 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain