Text
Pendekatan pembelajaran saintifik sebagai upaya meningkatkan sikap sosial siswa SMA Negeri 71 Jakarta
ABSTRAK
Mutia Hariyani, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Siswa SMA Negeri 71 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 71 Jakarta, bentuk-bentuk sikap sosial apa saja yang diharapkan bisa terbentuk. Dan apakah pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan sikap sosial siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan penelaahan dokumen. Penulis melakukan observasi langsung ke lapangan untuk menggali lebih dalam mengenai penerapan pembelajaran pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru dan cara guru untuk meningkatkan sikap sosial siswa. Penulis juga melakukan wawancara mendalam dengan informan, jumlah informan adalah 7 orang yang terdiri dari 2 orang guru sosiologi, 1 orang wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan 6 orang siswa. Penelitian ini membutuhkan keabsahan data yang telah dilakukan dengan cara triangulasi data oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang kurikulum.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dilaksanakan guru dengan cukup baik. Pendekatan saintifik ini dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan pada proses pembelajaran. Pembelajaran pendekatan saintifik ini juga dapat meningkatkan sikap sosial siswa seperti sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan, dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari siswa. Siswa yang mempunyai sikap sosial yang tinggi akan mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan orang lain dan dapat diterima oleh kelompok atau teman sebaya.
Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sikap Sosial Bibliografi : lembar 119-121
SS00012702 | SK 12702 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain