Text
Meningkatkan kreativitas seni anyaman dalam pembelajaran seni rupa melalui metode ekspresi bebas siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANYAMAN DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI METODE EKSPRESI BEBAS SISWA KELAS IV SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR (2017)
Linawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni anyaman dalam pembelajaran seni rupa melalui metode ekspresi bebas siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahapan perencanaan, pelaksaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi, dan melakukan wawancara, serta mengumpulkan data dengan mengunakan dokumentasi melalui foto yang diambil pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menujukkan nilai yang diperoleh oleh siswa pada siklus I sebesar 62.5% dan siklus II adalah 92%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode ekspresi bebas dalam pembelajaran seni rupa dapat meningkatkan kreativitas seni anyaman siswa kelas IV SDN Rawamangun Jakarta Timur. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Meningkatkan Kreativitas Seni Anyaman Melalui Metode Ekspresi Bebas
Bibliografi : lembar 86-88
SS00012717 | SK 12717 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain