Text
Pengaruh contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD di Kelurahan Utan Kayu Utara Jakarta Timur
PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR (2017)
Nur Kholimah
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN Utan Kayu Utara 01 Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Utan Kayu Utara 01Jakarta Timur sebanyak 58 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest-posttest control gruop design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tertulis berbentuk uraian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas menggunakan uji liliefors dan homogenitas uji barllet. Selanjutnaya silakukan analisis hipotesis menggunkan uji-t. Hasil perhitungan diperolah = 8,80 dengan dk=58, sedangkan deangan taraf signifikan (a) = 0,05 dengan dk=58 adalah 1,67. Berdasarkan perhitungan didapat bahwa lebih besar dari maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa Contextual Teaching and Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN Utan kayu Utara 01 Jakarta Timur. Hasil juga menunjukan bahwa Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN Utan Kayu Utara 01 Jakarta Timur.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD.
BIbliografi : lembar :76-77
SS00012719 | SK 12719 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain