Text
Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran debat aktif untuk siswa kelas V SDN Jati 03 pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK SISWA KELAS V
(Penelitian Tindakan Kelas Di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem JakartaTimur)
(2017) Marciana Martins Monis
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V dalam pembelajaran dengan menggunakan metode debat aktif. Penelitian tindakan ini dilakukan di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Jakarta Timur, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 35 orang pada semester 1 pada tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan pengamatan, serta tahap refleksi, sebagai acuan untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus berupa tingkat keberhasilan yang diperoleh siswa dalam nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari hasil belajar IPS. Pada siklus I rata-rata nilai siswa hanya 42,48% dengan KKM 70% atau belum memenuhi target, serta persentasi pencapaian hasil pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,22%, dan pemantauan tindakan siswa sebesar 70%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan hasil belaajr IPS yang diperoleh siswa 82,85% dengan KKM 80% sedangkan persentase pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus II sebesar 94,44%, dan pemantauan tindakan siswa sebesar 90% melalui metode pembelajaran debat aktif kemampuan hasil belajar IPS dapat meningkat. Kesimpulan yang didapat dari metode pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Jakarta Timur.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar Kelas V, Metode Debat Aktif Bibliografi : lembar 94-97
SS00012720 | SK 12720 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain