Text
Keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia pada jenjang SMA kurikulum 2013
ABSTRAK
REZTI CHAERUNNISA. Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Pada Jenjang SMA Kurikulum 2013. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Jenjang SMA Kurikulum 2013 serta menilai kualitas suatu buku teks, dengan menggunakan formula keterbacaan grafik Fry, formula keterbacaan Grafik Raygor dan telaah buku Geene and Petty. Sampel data adalah buku teks Bahasa Indonesia dari penerbit Erlangga, Yrama Widya, Kemendikbud dan Erlangga jenis Bupena kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan teknik analisis data. Analisis dilakukan dengan cara mengambil seluruh sampel wacana pada buku teks. Kemudian, setiap sampel pada buku teks tersebut dihitung jumlah kalimat, suku kata, dan kata-kata sulit yang terdiri atas minimal enam huruf, Kemudian di rata-rata dan diplotkan ke dalam grafik Fry dan grafik Raygor. Waktu penelitian dimulai pada bulan Januari sampai Juni 2016. Hasil penelitian terhadap duabelas data buku teks Bahasa Indonesia pada jenjang SMA kurikulum 2013 dari penerbit Erlangga, Yrama Widya, Kemendikbud dan Erlangga jenis Bupena menunjukkan bahwa semua buku teks yang dianalisis menurut pengukuran dengan formula keterbacaan grafik Fry memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai dengan jenjangnya. Sementara dua belas buku teks yang dianalisis menggunakan keterbacaan dengan formula keterbacaan grafik Raygor semua buku teksnya berada pada tingkat keterbacaan yang sesuai ini menandakan semua buku yang dianalisis menggunakan formula keterbacaan grafik Raygor bahwa keterbacaannya sesuai dengan jenjangnya. Analisis telaah buku menggunakan sepuluh kriteria Geene and Patty terdapat Buku teks yang memiliki kualitas tinggi yaitu buku teks Bahasa Indonesia kelas X, XI, XII penerbit Erlangga dan Erlangga jenis Bupena dengan presentase sebesar 50% sementara untuk Buku Teks Bahasa Indonesia penerbit Kemendikbud dan Yrama Widya memiliki kriteria buku teks yang kurang berkualitas dengan persentase sebesar 50%.
Kata kunci: Keterbacaan Buku teks, Grafik Fry, Grafik Raygor, Geene and Patty
Bibliografi : lembar 169
SS00012724 | SK 12724 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain