Text
Strategi pembentukan sikap sosial dan prestasi belajar siswa dalam keluarga broken home : studi kasus kelurga broken home di Kelurahan Harjamukti RW 08 Kecamatan Cimanggis Kota Depok Provinsi Jawa Barat
ABSTRAK
AGUNG NUGROHO. Strategi Pembentukan Sikap Sosial dan Prestasi Belajar Siswa dalam Keluarga Broken Home (Studi Kasus: Keluarga Broken Home di RW 08, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Strategi yang diterapkan keluarga Broken Home yang ditinjau pada praktik pengasuhan dalam membentuk Sikap Sosial dan Prestasi Belajar Siswa yang dilakukan di RW 08, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Waktu penelitian terhitung pada bulan Juli 2016 hingga Desember 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari informan kunci yaitu Pengurus RW di tempat tinggal siswa Broken Home, Tetangga di sekitar tempat tinggal siswa Broken Home, Teman Sebaya Siswa Broken Home di Organisasi karang Taruna, dan Guru di sekolah siswa Broken Home sedangkan informan inti yaitu Orang tua siswa Broken Home.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa Broken Home yang terdapat di wilayah RW 08 memiliki sikap sosial yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, sopan santun, dan percaya diri sedangkan prestasi belajarnya terdapat siswa Broken Home yang memiliki prestasi Non akademik, prestasi akademik, serta prestasi akademik dan Non akademik. Strategi pengasuhan yang digunakan keluarga dalam membentuk sikap sosial dan prestasi belajar siswa Broken Home yaitu permisif dan demokratis; ;otoriter dan demokratis; otoriter dan permisif. Pada praktik pengasuhan yang dilakukan orang tua kepada siswa Broken Home memiliki hambatan yang bersifat internal dan eksternal yaitu sikap anak terhadap orang tua, komunikasi anak terhadap orang tua dan lingkungan teman sebaya
Kata Kunci : Strategi Pembentukan Sikap Sosial dan Prestasi Belajar Siswa Broken Home
Bibliografi : lembar 148-151
SS00012709 | SK 12709 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain