Text
Pengembangan aplikasi android berupa modul pembelajaran fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi teori kinetik gas
ABSTRAK
RUMAISHA AZZAHRA. NIM: 3215122030. Pengembangan Aplikasi Android Berupa Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Teori Kinetik Gas. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Modul Pembelajaran Fisika pada Android berbasis CTL pada materi Teori Kinetik Gas untuk kelas XI SMA/MA. Perangkat yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu Android Studio. Dalam melakukan penelitian digunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implement dan Evaluate). Modul Pembelajaran Fisika ini dikembangkan dengan data-data faktual, bahasa yang komunikatif, serta gambar yang menarik. Hasil uji kelayakan buku oleh ahli materi adalah 83,7%, ahli media 77,04%, dan ahli pembelajaran 88%. Sedangkan uji efektivitas oleh siswa SMA memperoleh skor gain sebesar 0,40526 atau interpretasi kenaikan skor Sedang. Dari hasil uji kelayakan dan uji efektivitas, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Fisika pada Android Berbasis CTL pada Materi Teori Kinetik Gas dinyatakan layak sebagai sumber bahan ajar mandiri yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa SMA.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran Fisika, Aplikasi Android, Teori Kinetik Gas, R&D,
ADDIE Bibliografi : lembar 60-61
SS00012742 | SK 12742 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain