Text
Hubungan penggunaan media sosial dengan pengetahuan konservasi sumber daya hayati peserta didik SMA
ABSTRAK
MARZUKI FATHUL ROHMAN, Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Pengetahuan Konservasi Sumber Daya Hayati Peserta Didik SMA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Media sosial merupakan aplikasi berbasis internet yang penggunanya (user) dapat berkomunikasi, berbagi, berpartisipasi, dan bertukar informasi antar sesama pengguna media sosial. Penggunaan media sosial dikalangan remaja khususnya para pelajar cukup tinggi. Pendidikan mengenai konservasi di sekolah masih belum maksimal akibat kurangnya porsi jam pelajaran pendidikan konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan pengetahuan konservasi sumber daya hayati peserta didik SMA Negeri 65 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 65 Jakarta pada bulan September hingga Oktober 2016. Metode peneltian yang digunakan adalah deskriptif dengan studi korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-XII MIA sebanyak 116 orang yang diambil secara Simple Random Sampling. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Ŷ = 3,419 + 0,160X dan uji korelasi Pearson Product Moment pada α = 0,05 diperoleh hasil rxy = 0,547 menunjukkan tingkat hubungan cukup kuat. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan pengetahuan konservasi sumber daya hayati peserta didik SMA Negeri 65 Jakarta.
Kata Kunci : media sosial, pengetahuan konservasi, sumber daya hayati
Bibliografi : lembar 56-58
SS00012743 | SK 12743 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain