Text
Pengembangan instrumen penilaian kinerja berbasis metode discovery learning materi fluida statis
ABSTRAK
Windy Widayanti. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Metode Discovery Learning Materi Fluida Statis. Skripsi, Jakarta: Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja siswa berbasis metode discovery learning yang valid dan reliabel dalam menilai kinerja siswa pada kegiatan percobaan fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang dirumuskan oleh Reiser and Mollenda yang terdiri dari tahapan: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implement), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian kinerja siswa yang dikembangkan berbentuk daftar skala (scale rater) yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam menerima stimulasi, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan dan menarik kesimpulan dari kegiatan percobaan yang merupakan tahapan metode discovery learning. Percobaan yang digunakan terdiri dari tiga jenis yaitu: 1) Tekanan Hidrostatis 2) hukum Pascal 3) hukum Archimedes. Setiap butir penilaian dalam instrumen penilaian kinerja siswa divalidasi oleh ahli instrumen dan ahli evaluasi dengan hasil semua butir penilaian dalam instrumen penilaian kinerja siswa yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan atau persentase kelayakan penggunaan rata-rata sebesar 84,36%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kinerja siswa berbasis metode discovery learning yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam kegiatan percobaan fluida statis.
Kata Kunci: instrumen penilaian kinerja, metode discovery learning, fluida statis, ADDIE.
Bibliografi : lembar 84-85
SS00012748 | SK 12748 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain