Text
Pembelajaran piano untuk remaja autis di Modern Kawai Music School
ABSTRAK
Trifena Ruth Clara. 2017. Pembelajaran Piano untuk Remaja Autis di Modern Kawai Music School. Skripsi, Prodi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang akurat mengenai proses pembelajaran piano untuk Remaja Autis di Modern Kawai Music School ditinjau bedasarkan tujuan, metode, materi, media dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui transkrip interview, reduksi data dan penyajian data. Penelitian dilakukan selama 5 bulan yaitu dimulai pada bulan Juli hingga Desember 2016. Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan untuk mengetahui Pembelajaran Piano untuk Remaja Autis di Modern Kawai Music School menunjukkan bahwa tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memperkuat kemampuan yang dimiliki dan diharapkan siswa mampu bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dari segi motorik, emosi, konsentrasi, sikap, perilaku serta penguasaan diri. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan drill. Materi yang digunakan adalah materi yang sesuai dengan kurikulum piano umum. Media yang digunakan adalah buku pelajaran, instrumen musik perkusi dan metronome sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran piano untuk remaja autis di Modern Kawai Music School adalah evaluasi berupa ujian yang diadakan sekali setiap tahun dan evaluasi rutin di setiap pertemuan dalam kelas. Terdapat beberapa siswa yang dapat mengikuti kurikulum umum karena telah mencapai perkembangan keterampilan dan perilaku yang lebih baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran piano untuk remaja autis di Modern Kawai Music School adalah efektif karena telah mencapai tujuannya.
Kata Kunci: Pembelajaran piano, remaja autis, pendidikan musik.
Bibliografi : lembar 75-76
SS00012727 | SK 12727 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain