Text
Meningkatkan hasil belajar keterampilan lempar lembing melalui pendekatan media modifikasi alat bantu : penelitian tindakan pada siswa kelas V SDN Karyamukti II Karawang
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LEMPAR LEMBING MELALUI PENDEKATAN MEDIA MODIFIKASI ALAT BANTU (Penelitian Tindakan pada Siswa kelas V SDN Karyamukti II Karawang)
RIKI GUNAWAN
ABSTRAK
Penelitian ini berupa penelitian tindakan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan Lempar Lembing siswa kelas V SDN Karyamukti II Karawang, dengan jumlah 30 siswa. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dalam pembelajaran Lempar Lembing ini menggunakan media modifikasi alat bantu berupa lembing modifikasi; bola berekor; bola karet; dan bilah untuk mecapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa hasil belajar; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan media modifikasi alat bantu pada siklus I diperoleh hasil 43,33%, dengan jumlah 13 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 56,67% dari 17 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dengan nilai rata-rata mencapai 69,8. Pada siklus II diperoleh hasil 80,00%, dengan jumlah 24 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 20,00% dari 6 siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dengan nilai ratarata mencapai 82,5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media modifikasi alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan lempar lembing siswa kelas V SDN Karyamukti II Karawang.
Kata kunci: Penelitian Tindakan, Media Modifikasi Alat Bantu, Lempar Lembing
Bibliografi : lembar 119-121
TM00002379 | TM 2379 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.02) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain