Text
Pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja di SMP Negeri 1 Saguling : studi eksperimen pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Saguling tahun pelajaran 2016-2017
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL BELAJAR FOREHAND DRIVE TENIS MEJA DI SMP NEGERI 1 SAGULING Sony hasmarita Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Abstrak,
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh gaya mengajar latihan, gaya mengajar resiprokal dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja di SMP Negeri 1 Saguling . Teknik analisis menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Diperoleh : (1) Secara keseluruhan hasil belajar forehand drive yang latihan dengan menggunakan gaya mengajar latihan = . 0 le ih aik dari hasil elajar forehand drive dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal = . 5 . (2) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja diperoleh harga Fhitung interaksi (FAB) = 17,48 dan Ftabel = 4,35, hasil tersebut memberikan gambaran bahwa Fhitung > Ftabel sehingga hal ini memberikan kesimpulan bahwa hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak terdapat pengaruh interaksi antara gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive ditolak dan hipotesis alternatif (Hi) diterima. (3) bagi siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi hasil belajar menggunakan gaya mengajar latihan dengan =4.30) lebih baik di bandingkan dengan siswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal = 3,10). (4) bagi siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah hasil belajar forehand drive menggunakan gaya mengajar resiprokal = 3,60) lebih baik dari pada yang diajar dengan gaya mengajar latihan = 2,90). Diharapkan kepada seluruh pelatih dalam membina atlet untuk meningkatkan hasil belajar forehand drive, lebih baik dengan menggunakan gaya menggajar latihan pada siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi, sedangkan yang memiliki kemampuan motorik rendah lebih baik menggunakan gaya mengajar resiprokal
Kata kunci : gaya mengajar latihan, gaya mengajar resiprokal, kemampuan motorik, forehand drive , dan permainan olahraga tenis meja. Bibliografi : lembar 149-151
TM00002384 | TM 2384 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain