Text
Pengembangan LKS berbasis Predict Observe Explain (POE) pada pokok bahasan suhu dan kalor fisika SMA Kelas X
ABSTRAK
ULFANIE WIYATAMA. NIM: 3215126572. Pengembangan LKS berbasis Predict Observe Explain (POE) pada pokok bahasan Suhu dan Kalor Fisika SMA kelas X. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis dengan model pembelajaran Predict Observe Explain pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk SMA kelas X menjadi media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement, Evaluate). Instrumen penelitian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri atas lima aspek yaitu aspek kualitas isi, aspek bahasa, aspek teknik penyajian, aspek pendukung penyajian, dan aspek ilustrasi. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 90,10%, ahli media 93,82% dan guru SMA 93,02% dengan interpretasi “sangat baik”. Berdasarkan uji gain diperoleh skor gain 0,7, menunjukkan bahwa LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori tinggi. Berdasarkan uji kelayakan dan uji gain dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis POE pada pokok bahasan suhu dan kalor dinyatakan layak sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: LKS, Predict Observe Explain, ADDIE, Suhu dan Kalor.
Bibliografi : lembar 69-70
SS00012736 | SK 12736 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain