Text
Peningkatan hasil belajar lari cepat melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII A SMP Islam Tirtayasa Kota Serang
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII A SMP ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG
ANDITA FEBRIYANTO
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan pendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A SMP Islam Tirtayasa yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian pra siklus yang tuntas belajar mencapai 14 siswa atau 41,18% hal ini menunjukkan bahwa belum terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu terjadi peningkatan yang tuntas belajar mencapai 20 siswa atau 58,82% dengan nilai rata-rata 74,51. Pada siklus dua mencapai 28 siswa atau 82,35% dengan nilai rata-rata 77,05. Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran lari cepat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari cepat pada siswa kelas VII A SMP Islam Tirtayasa. Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan pendekatan permainan ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat, Pendekatan Bermain.
Bibliografi : lembar 137-138
TM00002386 | TM 2386 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain