Text
Pengembangan alat peraga parabolik sebagai media pembelajaran fisika pada bahasa gerak parabola
ABSTRAK
FAUZIAH ISMATULLAH. NIM: 3215120221. Pengembangan Alat Peraga Parabolik Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga parabolik yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak parabola pada kelas X SMA/MA. Menurut hasil survey yang telah dilakukan kepada guru dan siswa di beberapa sekolah di Jakarta diketahui bahwa dalam pembelajaran gerak parabola, biasanya guru hanya mengajarkan teori semata tanpa adanya praktik, hal ini dikarenakan kebanyakan sekolah SMA/MA belum memiliki alat peraga untuk pratikum gerak parabola tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengacu pada teori Borg and Gall yang meliputi tujuh kegiatan yang telah dimodifikasi peneliti tanpa mengurangi esensinya, diantaranya: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan desain produk, (3) pengembangan draft produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk, (6) produk hasil. Berdasarkan uji kelayakan didapatkan hasil, ahli materi adalah 88,3% dengan interpretasi “sangat baik” dan ahli media adalah 81,2% dengan interpretasi “sangat baik”. Uji coba lapangan dilakukan oleh guru fisika dan mendapatkan hasil 90,2% denga interpretasi “sangat baik” serta uji coba lapangan kepada siswa mendapatkan hasil 87,0% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari penelitian ini berupa alat peraga parabolik dinyatakan layak sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak parabola.
Kata Kunci: Gerak Parabola; Alat Peraga; Media Pembelajaran
Bibliografi : lembar 57-58
SS00012771 | SK 12771 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain