Text
Model pembelajaran discovery learning pada materi ajar grading (eksperimen)
ABSTRAK
Rizka Laila Magfira, penerapan model belajar discovery learning pada materi ajar grading (eksperimen). Program Studi S1 Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi ajar grading. Metode pembelajaran discovery learning adalah salah satu model pembelajaran yang disarankan pada kurikulum 2013. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, siswa diharapkan menjadi lebih aktif dan lebih memahami pembelajarannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI busana 1 SMKN 32 Jakarta dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, terdapat 4 test yang diberikan yaitu pre-test, post-test, tugas kelompok dan tugas individu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan belajar dan pemahaman siswa. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Pada nilai post-test mengalami kenaikan dari 48% siswa yang tuntas pada pertemuan pertama menjadi 67% siswa yang tuntas pada pertemuan kedua, nilai ketuntasan dilihat dari KKM yaitu 75. Terjadi peningkatan sebanyak 19%. Pada nilai tugas kelompok dan individu terdapat empat aspek yang diukur yaitu: ketepatan waktu, kerapihan, ketepatan ukuran, dan hasil kerja. Dari keempat aspek itu juga telah mengalami kenaikan.
Kata kunci: Discovery Learning, Grading, Model Pembelajaran Bibliografi : lembar 97-98
SS00012772 | SK 12772 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain