Text
Peran komunitas dalam membangkitkan motivasi belajar anak jalanan : studi kasus Komunitas Peduli Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi
ABSTRAK
Ade Laura Hotmaida Tambunan, Peran Komunitas dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Anak Jalanan (Studi Kasus: Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi). Skripsi: Jakarta. Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan komunitas dalam membangkitkan motivasi belajar anak-anak jalanan dan ingin mengetahui mengenai konteks sistem sosial yang tejadi dalam komunitas serta melihat implikasi keberlangsungan pembinaan dan pendidikan yang diberikan komunitas terhadap anak jalanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam (indepth interview) dengan Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi. Informan yang menjadi subjek penelitian terdiri dari 1 orang informan kunci dan 3 orang informan pendukung. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep sistem sosial dalam kerangka AGIL Talcott Parsons . Lokasi penelitian berada di sekertariat KOPPAJA Bekasi yang beralamat di Kavling Perumahan Agraria Raya RT 01 RW 26 Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144.
Temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi turut berperan dalam membangkitkan motivasi belajar anak-anak jalanan. Peran tersebut dapat terlihat melalui program-program pembelajaran yang diselenggarakan komunitas. Proses pembelajaran yang diselenggarakan komunitas berlangsung dengan baik walaupun lingkungan belajar memiliki keterbatasan. Komunitas juga melakukan proses adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi dan pemeliharaan pola sehingga keberlangsungan pembinaan dan pendidikan yang diberikan komunitas berimplementasi besar bagi anak jalanan.
Kata kunci: Peran, Program, Komunitas dan Anak Jalanan.
Bibliografi : lembar 210-12
SS00012821 | SK 12821 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain